Friday, November 28, 2008

Lab Bahasa part 2

Kalo kemaren gw bilang di lab lagi adem ayem. Ternyata gw salah besar! Hari ini kembali terjadi kerusuhan. Jadi ingat kerusuhan-kerusuhan jaman dulu.

Pertama kali jadi asisten, gw tandem sama Shara. Kenapa? Dulu peraturannya gitu, asisten baru harus berdua pegang satu kelas, honornya bagi dua gt deh! Dan tandemnya ini keterusan sampe kita udah boleh pegang kelas sendiri-sendiri. Jadi kadang kami suka janjian pegang kelas di jam yang sama. Kerusuhannya di sebelah mana? Jaman itu, kelas tuh ga tiap dua jam, tapi tiap jam! Maksudnya? Ginih, jurusan A masuk jam 7 ke ruang conversation dan harus udah pindah ke lab jam 8 karena jam 8 itu ada jurusan B yang mau masuk. Mending ya kalo tepat waktu, ini mah dosennya suka over time. Jadi mahasiswa yang mau masuk teh suka ribut. Belom klo dosen yang di kelas ngomel-ngomel karena waktu udah abis tapi materi belom diterangin semua. Belom lagi materinya yang bekas dipake kelas sebelumnya belom diberesin, sementara kelas berikutnya mau pake materi yang sama! Belom kalo mahasiswanya suka janjian telat sekelas. Menyebalkan! Belom lagi, kalo salah satu alat yang dipake praktikum tidak berfungsi dengan baik. Udah panik, ga terlalu ngerti soal alat elektronik, teknisi lagi ga ada di tempat, dosennya nyalahin asisten pula! Haaaah..suka pengen nangis..huhuhuhu..

Ada lagi jenis kerusuhan yang laen. Hari-hari pertama mulai praktikum, belum ada list mahasiswa, dan para mahasiswanya belom pada buat kartu. Jadi asisten kudu minta mereka tulis nama dan NRP-nya satu per satu di kertas kosong, terus disalin ulang sambil diurut NRP-nya. Belum lagi kartu praktikumnya. Sebagai asisten yang baik hati, selama mereka praktikum, gw nempelin foto mereka yang udah dikumpulin sebelumnya ke kartu praktikum, nulisin NRP mereka, tulisin tanggal hari itu, tanda tangan sebagai bukti mereka masuk, dan nge-cap kartu. Urusan tulis menulis nama dan lain-lain, biarkanlah mereka sendiri yang menulisnya. Heuheu..

Pernah nih, di suatu semester, asisten cuma gw, Yudis, dan mba'I. Kerusuhan abis lah pokoknya! Asisten laen kmn? Hilaaaaang! Rida? Sibuk dengan kuliah S2 dan tugas-tugasnya yg bikin eneg. Ami? Keterima kerja di Batam. Shara? Back for good ke Padang. Eghe? Lagi panik dengan TA-nya. Paulus? Dari semester sebelumnnya dia kadang tenggelam dengan laporannya. Teh Fety, Tyar, dan Hendrik? Udah duluan resign. Jadi..ya cuma bertiga deh yg ganti-gantian jaga kelas. Yang paling cape banget so pasti mba'I. Soalnya mba'I mah stand by tiap hari. Kalo gw ma Yudis ya gantian gt. Kalo Yudis jaga pagi, gw jaga siang. Klo gw jaga pagi, siangnya Yudis gada. Hahahaha.. ntu anak emang suka banyak alesan. Jaga sore, mau nonton bola. Jaga pagi, suka kesiangan mulu..hehe..

Oia, ternyata mahasiswa dari tiap jurusan itu berbeda-beda. Gw udah hapal tingkah laku mereka, dan gw tau gimana memperlakukan mereka. Udah pasti deh kalo mahasiswa-mahasiswa jurusan A itu baik dan penurut. Mahasiswa-mahasiswa jurusan B rada nakal tapi masih mau dikasi tau. Mahasiswa-mahasiswa jurusan C ributnya bukan main tapi mereka bisa diatur. Mahasiswa-mahasiswa jurusan D cenderung cuek dan susah dikasi tau. Mahasiswa-mahasiswa jurusan E suka telat dan harus dimarahin dulu baru mau nurut. Mahasiswa-mahasiswa jurusan F lebih parah! Susah diatur. Udah dikasi tau segala macem, tapi sampe akhir semester kaga nurut-nurut. Hehehehe..

Hmmm...apalagi yang belom gw tulis tentang lab ya? Next time deh! Cuma mau menambahkan soal kerusuhan dan mahasiwa..hehehe..

No comments:

Post a Comment

Say what you need to say..