Friday, November 27, 2015

Menyapih

Proses menyusui menurut gw luar biasa. Gada yang bisa ngerti selain ibu dan anaknya. Saat menyusui harus berakhir aka menyapih, kadang jadi sedih ya. Iya, proses menyapih kadang merupakan sebuah proses yang menyakitkan entah itu buat ibu atau anaknya. Prosesnya bisa berbeda-beda untuk setiap individu, ada yang gampang ada yang susah. Gw, termasuk yang susah nih, entah karena anaknya cowo jadi lebih susah lepas atau karena emaknya yang belom rela. Lingkungan sekitar juga berpengaruh. Dan dalam kasus gw lingkungan sekitar adalah orang-orang terdekat seperti H dan kedua orang tua gw.

Proses menyapih yang gw lakukan pertama kali adalah dengan 'menghipnotis' saat anakicik mau tidur malam, "Jonjon bentar lagi dua tahun udah jadi anak kecil, berenti nenen yaa! Anak kecil ga nenen lagi, yang nenen itu anakbayi dan anak-anakan." selama beberapa minggu menjelang ulang tahunnya yang kedua. Bukannya maksa biar dia berhenti sih, tapinya ASI gw cuma tinggal sedikiiit banget. Sedih :"( Tapi pas dia ulang tahun, masih adem ayem aja dia nenen. Sampe beberapa hari setelahnya dibisikin kata-kata itu tiap malem masih ga berhasil juga.

'Hipnotis' gagal.

Ok, mungkin anak ini sih harus bertahap ya. Pelan-pelan, sedikit-sedikit. Gw puter otak. Kalo siang pas wikdey kan udah ga nenen karena gw kerja. Biasanya pas gw pulang, dia langsung nagih nenen. Mulai sekarang biasain nenen pas maghrib, saat hari sudah gelap. Termasuk wiken.

Dimulailah proses itu. Klo wikdey, alhamdulillah langsung sukses. Dia bisa dialihkan dengan main atau nonton tv saat gw pulang. Pas wiken yang agak susah. Selama beberapa kali wiken dia ngamuk-ngamuk karena ga bisa tidur siang tanpa nenen pas ada emaknya. Susahnya, klo wiken kan pasti di rumah bokap-nyokap gw, yang ada gw suka diomelin kenapa ga ngasi anaknya nenen. Mungkin mereka ga tega ya denger anakicik ini jerit-jerit minta nenen. Tapi yang ada gw ikutan nangis karena ngerasa ga ada yang ngedukung. Mana kadang H bilang anakicik, "Jonjon berhenti nenennya nanti aja ya klo udah SD". Yeah, mungkin H emang becanda. Tapi anakicik ini mana tau bapanya becanda? Gimana gw ga makin down coba digituin. Koq ya ga ada yang ngedukung gw nyapih siiih? *nangisdipojokan*

Tapi alhamdulillah, lama-lama anak ini ngerti kalo nenen hanya boleh pas maghrib. Sebelum maghrib boleh sih nenen, tapi nenen luar alias nenen pura-pura hihihihihi. Pas adzan maghrib berkumandang dia langsung nagih nenen. Kadang gw jadi sholat maghrib setelah dia nenen, menjelang isya aja dong. *maap ya Allah*.

Setelahnya, mulai mencoba nenen kalo mau bobo malem aja. Jadi, nenen setelah maghrib udah ga berlaku. Tapi yang ada, jam stgh 7 malem gitu dia suka beralibi mau bobo biar nenen, padahal abis nenen ga bobo malah maen lagi. Ealah ini anak pinter amat sih -____-"

Yatapi mayan lah. Nenen hanya malem hari-nya berhasil.

Sebelum melatih anak ini tidur sendiri tanpa nenen, gw iseng beli dot sama empeng. I know, mungkin cara gw ini ga bener ya, tapi anakicik ini butuh pengganti nenen buat tidur. FYI, anakicik ini bangunnya masih kaya anakbayi yang beberapa jam sekali bangun. Ga bisa tidur kalo ga nenen. Makanya gw beli dot sama empeng. Si dot sih mau dipake, tapi ga mau sambil tiduran karena takut tumpah. Hmph. Klo empeng sama sekali ga mau dong. Dicobain sekali langsung dikeluarin lagi, dia bilang ga enak. Rrrrr...

Yasudahlahh...

Mulailah proses tidur malam tanpa nenen. Pertama kali nyoba saat H lagi tugas keluar kota. Jadi ga ganggu tidur H. Yang pertama berhasil. Ngamuk hampir sejam terus tidur sendiri. Tapi bangun malem-nya yang PR banget. Malam pertama sih masih bisa ya gw. Malam kedua dan selanjutnya gw-nya yang ga kuat. Bukan ga tega denger dia ngamuk tapi gw-nya yang capeeee.. Akhirnya, gagal deh. Gw mengalah, demi tidur cantik dan ga jadi zombie di kantor. Heuheu..

Browsing-browsing. Tanya dokter anak. Akhirnya gw mencoba cara-cara berikut:

1. Pake pleseter

Iya, jadi nenen-nya ditutup pake plester. Tidur malam pertama berhasil. Gw bilang nenennya sakit. Dia bingung liat plester terus bisa tidur sendiri. Begitu bangun malem ngamuk tapi bisa dibujuk-bujuk dieyong-eyong sambil bilang nenennya sakit. Malam kedua, ga mau dong klo ga nenen. Plesternya dia buka sendiri aja gitu. *SIGHS* *emaknyakalah*

2. Diolesin lipensetip

Harusnya warna merah ya. Dan bilangnya berdarah. Berhubung aa punya warna merah sih, jadi pake warna yg agak orens. Pertamanya aneh, tapi cuek aja gitu dia nenen. Gwnya yang takut dia keracunan lipensetip. *lap lipensetip dari nenen*

3. Diolesin bratawali

Ini saran dokter lho! Hohoho.. Dapet bratawali dari ART-nya nyokap di Bandung. Langsung gw olesin. Hari pertama ngamuk sih karena pahit. Bangun malem lama-lama bratawalinya abis kan. Gw ga sempet ngolesin lagi, jadi bangun malem kedua ato ketiga dia anteng deh nenen. Nah, pas hari kedua, iiih pantang menyerah banget anaknyaaa. Walo pahit dan marah-marah waktu nenen dia tetep bertahan buat nenen dong sampe bratawalinya habis dan ga kerasa pahit lagi. Hadeeeuuuuh..

Abis itu, gw stop dulu deh belajar-ga-nenen-sebelum-tidurnya. Gw-nya cape begadang, dan H juga jadi rungsing karena kurang tidur.

Sampeeee pada akhirnya gw ga sadar kalo gw hamil (seperti yang gw ceritain dimari). Suatu hari pas nyusuin anak ini koq sakiiiit banget. Sampe klo anak ini lagi nenen gw nangis-nangis ga tahan sakitnya. Bilanglah ke anakicik nenen gw sakit. Eeh dia ga peduli dong. *sigh* akhirnya gw bertekad lagi ngajarin dia tidur tanpa nenen. Ga tiap hari dicoba sih, berhasilnya kalo anak ini cape banget. Lama kelamaan, dia ga cape banget juga cuma ditepuk-tepuk bisa tidur sendiri dia. Tapiiii..klo bangun malemnya itu rada susah. Di satu waktu bisa cuma ditepuk-tepuk sama digarukin kakinya yang gatel (iya, anak ini gatelan kakinya sampe berbekas gitu, entahlah kenapa), di waktu yang laen minta nenen terus. Pas tau gw hamil, gw cuma mikir mungkin emang karena hamil jadi nyusuin itu sakit. Katanya kontraksi gitu perutnya. Tapi baca sana sini ada aja yang tetep berhasil nyusuin anak sambil hamil anak berikutnya. Yasudah.

Pada suatu saat gw sama sekali ga tahan klo lagi nyusuin. Aseli sakitnya sakit banget banget. Ini bukan lebay ya, sakitnya lebih dari waktu pertama kali nyusuin anakicik. Kepaksa deh ya harus berhenti ini mah. Takut ada apa-apa juga sama kandungannya. Tapi yang gw khawatirkan adalah gw yang ga kuat buat begadang dan H yang bisa jadi makin rungsing kalo kurang tidur. Eh ternyata ajaib. Gw kuat banget bergadang. Anakicik mau bangun jam berapa pun, nangisnya lama pun gw hayo aja. H pun gitu, yang biasanya suka marah-marah karena anakicik nangis terus ini mah ga dong. Malah kadang bantuin gw bujukin anakicik. Tapi memang kadang gw-nya lemah. Ikutan nangis sama Jonjon, abisnya merasa bersalah gw hamil saat dia belum siap berhenti nenen. Tapi alhamdulillah ngamuk-ngamuknya cuma seminggu. Setelahnya udah ga ngamuk lagi. Klo dia bangun malem ya tinggal ditepuk-tepuk ato digarukin aja lagi dengan posisi-seperti-nenen alias diketekin emaknya heheheheh..

Akhirnya, di usia anakicik 2 tahun 10 bulan berhenti juga proses menyusuinya. :')

Huaaaah... Panjang juga yaaaa proses menyapih anakicik ini. Tapi dari proses yang panjang ini gw jadi ngerti kalo menyapih itu saat semuanya siap. Anaknya siap, emaknya siap, dan lingkungan mendukung. Ya ga? Walo kadang sebulan sekali suka bangun malam sambil ngamuk minta nenen *mungkin lagi keinget*, sekarang kalo ditanya, "Jonjon mau nenen?". Dia jawab, "mau pura-pura" terus pura-pura nenen. Klo ditanya adek lagi apa di perut? Jawabnya pasti lagi nenen. Hehehe.. Udah tau dia, nenen ini sekarang buat adek bayi di perut.

Nah, berikutnya anak toilet training. Telat? Ya gimana sih, gw liat anaknya udah siap ato belum. Klo belum siap masa harus dipaksa? *pembenaran* We'll see, umur tiga tahun nanti dia udah bisa lepas popok belum ya? Hmmmm..

No comments:

Post a Comment

Say what you need to say..