Sunday, November 22, 2015

The Social Network

Judulnya minjem judul pelem itu yaaa.. *sungkem virtual dulu sama yang buatnya*

Sebagai SNS-freak dan penggila internet sejak tahun 2000 silam *ehem, tua*, gw mau bahas sedikit tentang Social Media dan Social Networking Sites (SNS).

Coba deh googling "Social Media meaning" munculnya begini:

so·cial me·di·a
noun
noun: social media; plural noun: social medias
  1. websites and applications that enable users to create and share content or to participate in social networking.

Aaand, according to wikipedia, social media are computer-mediated tools that allow people to create, share or exchange information, career interests, ideas, and pictures/videos in virtual communities and networks.


Jadi pada intinya sih social media, atau dalam bahasa Indonesianya media sosial, ini adalah sebuah media online yang menyimpan dan berbagi informasi bisa dalam bentuk tulisan, foto, ataupun video. Apa bedanya sama SNS? SNS atau social networking sites adalah sebuah tempat dimana kita bisa berinteraksi dengan sesama penggunanya. Jadi di social media, kita sendiri yang posting. Kalaupun berinteraksi hanya sebatas komen dari orang-orang yang melihat/membaca postingan kita. Sementara di SNS, kita berinteraksi: bisa dengan chatting atau sharing info.


Social media itu contohnya blog, wikipedia, youtube (masih dalam perdebatan sih yutup ini socmed atau sns), dan media-media online seperti kompas.com, cnn.com, dkk. Kalo SNS itu contohnya Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, Pinterest, Instagram, dll. (Mau tau daftar lengkap SNS? Klik dimari.) Keliatan lah ya bedanya klo liat contoh-contohnya.

Tahun 2014 yang lalu *lupa bulan apa*, gw pernah posting soal kegunaan beberapa SNS menurut pendapat gw sendiri (dan yang gw punya ya). Berhubung twitter mah terbatas, jadi yang di blog ini mah versi panjangnya ya. Silaken disimak:

Facebook
Sebuah media untuk berbagi semua informasi: foto, video, artikel, dan bahkan bisa buat chatting. Gw sendiri menggunakan Facebook buat liat link berita terkini (yang bukan hoax), lihat-lihat artikel2 masak atau parenting yang temen-temen gw share, nyimpen foto-tanpa-harus-diedit, dan paling penting sih buat maen games. Hohoho.. Yang suka protes karena di-invite coba jangan pada marah-marah, salahin Facebook kenapa games-nya HARUS invite orang-orang. Lagian tinggal dimatiin notifikasinya koq. Gitu aja repot. :p

Btw, dulu gw pernah bahas soal Facebook disini.

Twitter
Microblogging service. Walau microblog tapi termasuk dalam social networking sites karena bisa langsung berinteraksi dengan sesama pengguna. Namanya juga microblogging ya, berarti dia ini blog dalam bentuk kecil, terbatas dalam 140 karakter. Buat gw, twitter ini buat curhat, sharing pemikirian, sampai laporan pandangan mata atas apa yang terjadi di jalan. Berguna banget deh kalo mau mudik, hehhehe. Maka dari itu, gw baca twitter kaya baca koran

Instagram
Buat gw, IG itu buat sharing foto dan video. Klo gw liat-liat sih ya, kebanyakan orang pake IG buat pamer gitu ya. Entah pamer lokasi, pamer baju dengan hestek ootd, pamer makanan mahal *iya, klo makan di warteg mana diaplot*, atau pamer editan foto yang bikin orang bertanya-tanya itu ngeditnya gimana siih? *gw ga gitu koq, suwer! gw mah cuma pamer lokasi atau piring bekas makan. LOL*

Path

Ini satu-satunya SNS yang menurut gw sangat personal. Kenapa? Karena teman-temannya amat sangat terbatas, jadi dapat dipastikan hampir teman di path adalah orang-orang yang berada di lingkaran terdalam kita. Gw sih jujur aja memang pilih-pilih orang yang bakal di-invite/appove. Dan berhubung sekarang path udh bisa nerima banyak temen, jadi gw bikin lagi inner circle. Jadi klo ada yang keukeuh nge-add gw dan gw ngerasa ga deket-deket banget sama orang itu, bakal gw keluarin dari inner circle di path. Hohohoo.. Gunanya path buat gw? Buat sharing kegiatan sehari-hari yang ga terlalu penting sih, kaya lagi dimana, ngapain, makan apa, denger lagu apa, nonton film apa, sama siapa, dll. Bebas deh klo path mah. Soalnya temen2nya juga terbatas. Jadi ga perlu malu. Malah biasanya pada malu-maluin.

Oia klo di Path ini, klo mau posting ga bisa langsung posting kaya twitter. Kita harus milih dulu antara Music (nanti pas masuk ada pilihan lagi Music, TV, Movies, Books), Places, Photos (bisa milih dari Camera Roll atau Camera langsung, dan ada pilihan filternya), dan Thought. Udah jelas lah ya pilihan-pilihan postingannya ga usah dijelasin lagi.

Pinterest
SNS ini cuma buat sharing foto sih. Tapi beda sama instagram, pinterest ini foto-fotonya bisa lebih terorganisir. Tampilannya pinboard soalnya. Kayanya orang-orang Indonesia jarang sih pake ini (temen-temen gw sih ya). Gw, pake ini biasanya buat cari inspirasi rumah, tema2 ulang tahun/babyshower/party lainnya, dan foto-foto Nick Carter :D

LinkedIn
Ini mah SNS buat profesional ya. Biasa dipake buat para pencari kerja buat cari info lowongan pekerjaan. Gw pake buat apa? Buat eksis aja di dunia maya. Hahahaha.. Ga deng, buat nyari kerja juga, kali ada ada yang tertarik mempekerjakan gw sebagai pegawainya.

Google+
Yaaah..semacam FB lah ya, yang punyanya Google (keliatan dari namanya kan?). Dia bisa link ke e-mail dan segala macam SNS/Social Media kepunyaan Google. Bedanya sama FB, Google+ punya Google Hangout yang mempermudah pengguna berinteraksi (dalam bentuk video chat) dengan sesama pengguna dalam waktu yang bersamaan. Semacam janjian di kafe gitu lah ya, hihihihihi.. Gw jarang sih buka Google+, soalnya temen-temen juga jarang yang eksis disana.

Friendster 
Nah ini SNS pertama yang gw punya deh ini kayanya. Klo ga salah, Friendster ini 'kakeknya' SNS. Hahahaha..abisnya sejak ada Friendster banyak bermunculan SNS yang mirip-mirip, termasuk Facebook. Keunggulan FS ini adalah Testimonial dan Bulletin Board. Di testimonial, temen-temen kita bebas menulis pendapat mereka tentang kita, jadi kita tau seperti apa sih kita dimata mereka. Klo Bulletin Board dipake buat ngirim message ke seluruh daftar teman kita dengan satu klik. Semacam Broadcast Message di BBM ya klo jaman sekarang. Tapi, sayangnya sekarang FS ini sudah tiada karena hampir semua penggunanya pindah ke FB. Eh, bukan tiada sih, berubah konsep aja dari SNS jadi tempat buat maen games. Kacian.

Multiply
Ini favorit gw banget deh dulu. Basicnya untuk blog Tapi dia bisa juga buat nyimpen file foto dan lagu. Jadi kalo cari lagu pasti disini. Gratis dan gampil sekali.

MySpace
MySpace pada awalnya mirip lah kaya Friendster, bisa update status, nyimpen foto, berinteraksi dengan sesama pengguna, dan blogging. Yang bikin gw bertahan di MySpace ini adalah karena Nick Carter update banget di account MySpace-nya. Tapi sekitar tahun 2012 (ato 2013 ya gw lupa), tetiba MySpace ini berubah konsep jadi buat musisi dan fanbase-nya. Blog gw disana hilang deeeeh.. Sedih soalnya ga sempet mindahin. Tapi ya sudahlah, ga penting juga isinya cuma curhatan ga penting doang :D Oia, yang lucu di MySpace di bio profile kita ada pertanyaan 'Favorite Hero', SNS laen mana ada coba yang nanya favorite hero ;)

Tumblr
Tumblr ini sebenernya blogging service ya, jadi masuknya Social Media. Tapi pengen aja gw bahas karena tampilannya mirip setengah SNS setengah Social Media. Tumblr gw pake buat posting berbagai macam quotes. Biar lebih gampang aja sih nyarinya. Tampilannya pun lebih lucu dibanding blogger dan wordpress. Eh tapi sekarang bisa diedit juga sih ya klo tampilannya mah. Yang bikin beda dibanding blogging service lainnya, setiap postingan kita bisa dibeda-bedain berdasarkan jenisnya. Semacam Path lahh.. Tapi di Tumblr ini ada Video, Chat, Quote, Photo, Text, Link, dan Audio.

Foursquare
Fungsinya cuma buat ngasi tau kita lagi dimana doang sih. Sama ngasi tips buat tempat-tempat yang kita kunjungi. Sejak Foursquare berubah, gw jadi ga pernah pake lagi. Ada Path juga sih ya.. :D

Selain yang gw sebutin di atas, gw juga punya SNS lain yang mirip-mirip kaya: hi5 dan Tagged yang sejenis Friendster, Plurk yang sejenis Twitter tapi tampilannya semacam timeline memanjang, atau Xing yang sejenis LinkedIn. Apalagi ya macam-macam SNS yang gw punya? Lupa deh, saking banyaknya, maklum dimari kan SNS-freak, tiap ada SNS baru suka gatel pengen daftar. :D
 


Menurut gw nih (eh, mungkin lebih tepatnya, buat gw sih), setiap SNS ini punya fungsinya masing-masing. Jadi gw jarang banget share SNS ke SNS lainnya, kecuali memang karena gw juga pengen posting sama di SNS lain dan malas untuk posting yang sama berkali-kali, misalnya postingan ulang tahun anak ato eniverseri. Ya buat apa juga punya SNS kalo isinya sama semua. Makanya seperti yang udah gw jelasin di atas, kalo untuk sehari-hari dan curhat ga penting di Path, curhat-curhat kecil di Twitter, update kabar penting di Facebook, curhat ato iseng yang agak panjang ada di blog, posting quotes di Tumblr, curhat-curhat serius di akun twitter/blog satu lagi, ahahahahahah.. *SNS-freak, remember? :P*

Oia, the last one. Dengan menjamurnya onlensop belakangan ini, menurut gw ga smua SNS bisa dipake jualan. Klo menurut gw sih paling oke di Instagram atau Facebook. Di IG, hestek bisa membantu mempermudah yang beli buat nyari barang-barang yang dicari. Klo di Facebook kan foto-fotonya ada album gitu jadi gampang buat mindahin barang-barang yang sold. Itu doang sih klo kata gw mah. Sebenernya bebas sih mau jualan di Social Media manapun atau SNS apapun. Asal jangan Path karena seperti yang udah gw bilang, Path itu kan tempatnya personal banget. Ibarat lagi ngumpul-ngumpul sama temen terus ada salah satu temen yang ngegelar barang jualan. Ganggu ga? Klo ada yang kaya gitu, gw sih udh gw keluarin dari inner circle atau klo ganggunya banget bakal langsung gw unshared. :D

Baiklah, sekian postingan soal Social Media dan SNS. Apapun social meda/sns yang kita punya, semoga kita semua bijak ya dalam penggunaannya. Mungkin laen kali mau gw bahas etika ber-sns. Nanti, klo ga males. Ini aja tertunda setahun lebih, hueheheheheh..

No comments:

Post a Comment

Say what you need to say..