Sunday, November 18, 2018

Mencari Sekolah untuk J#1

Walau pun sekarang TK-nya J#1 ada SD-nya, tetep aja mamaknya gatel pengen survey. Penasaran sama harga dan fasilitas di sekolah lain. Ada sedikit rasa takut kalau sekolah yang sekarang adalah karena keinginan gw, bukan J#1. Memang sih, waktu survey TK dulu sama J#1 dan dia milih sekolah ini karena ada mainan dinosaurs. Sudah 1,5 tahun disini, koq rasanya ada yang ngeganjel gitu. Apalagi di semester 2 tahun ajaran kemarin J#1 sempet mogok hampir 1 semester. Sakit hati gw lihat anak mogok gitu. Langsung merasa bersalah. Langsung takut apa kah karena sekolahnya ga cocok? Atau gw salah penanganan ke anak yang lagi mogok? Atau apa ya? Pengen sih konsul psikolog, tapi H tidak mengijinkan. Katanya ngapain, belum perlu lah. Huks. Andai punya duit sendiri pasti udah langsung konsul psikolog. Apa daya, udah resign jadi ekonomi pun tergantung pada suami. *tutupmuka*

Sempet nanya pas ada kulwap parenting gratisan. Kata psikolognya, mending di assessment dulu, jangan buru-buru pindah sekolah, mana tau hasilnya sama aja. Klo di-assessment dulu jadi tau kan tipe anak seperti apa, tipe skolah yang cocok untuk anak kaya apa. Tapi berhubung sama H ga boleh konsul psikolog, yaudah gw analisis sendiri aja.

Menurut hasil analisis sotoy gw sih ada dua kemungkinan. Yang pertama anak ini panasnya lama. Makin kesini sekolahnya suka telat, tiap masuk kelas pasti disambut sama temen-temennya. Nah anak ini dari bayik ga suka banget perlakuan kaya gitu. Jalan satu-satunya ya harus ke sekolah lebih awal. Kemungkinan kedua, hapalan surat dan baca iqro. Kalau semester awal dia masih semangat, hapalan surat masih lancar, iqro juga lancar. Masuk semester kedua mulai ga mau sama sekali. Sholat juga jadi ga mau. Berdoa aja sama sekali ga mau. Kalau gw baca doa atau baca surat dia langsung tutup telinga. Huks sedih deh. Nah analisis kedua ini gimana penanganannya ya?

Untuk analisis pertama, setelah dicoba masuk lebih awal memang berhasil, dia semangat banget ke sekolahnya. Tapi untuk analisis kedua belom berhasil banget sih. Kemarin sempet dicoba pake hadiah mainan. Mayan bisa untuk baca iqro. Baca doa udah mulai mau. Hapalan surat yang menyerah, dan sholat juga susah. Sampai sini gw bingung dah gimana caranya. Apa iya sekolahnya terlalu berat untuk urusan agama? Gw jadi khawatir nanti pas SD gimana, mana syarat lulus SD-nya khatam quran sampai 3x. Mungkin dia cocoknya sekolah yang santai?

Makanya, gw memutuskan untuk coba survey sekolahan lagi. Udah ada beberapa SD inceran sih. Pengennya survey sama J#1 dan H, tapi nampak ga mungkin. J#1 kan sekolah, H jauh, masa disuruh bolos? :/ Yaudh paling gw sendirian, eeh ditemenin J#2 deng :P

No comments:

Post a Comment

Say what you need to say..