Thursday, February 25, 2016

Senam Hamil

Kehamilan kali ini rajin banget senam hamil tiap wiken. Soalnya pengen banget lahiran normal. Kenapa tiap wiken doang? Ya soale di garut mah kaga ada senam hamil begini, jadi kepaksalah tiap wiken doang di Bandung.

Pertama kali senam hamil sebenernya pas hamil anakicik dulu, di RSIA Hermina. Bayarnya dulu berapa ya lupa, kalo sekarang sih 20rb/kedatangan dapet snack dan sabun Pig*on. Milih di Hermina sini karena ada jadwal pagi, jadinya siang bisa bebas buat jalan-jalan. Terus lagi karena masih pagi parkirnya gampang. Dulu tempatnya di Aula, klo sekarang berhubung lagi renovasi jadi di depan lift gitu deh di antara kamar rawat inap. Aseli ga nyaman kata gw sih. Udah gitu kan tempatnya terbuka, jadi ga bisa buka kerudung. Lagian pas di Aula juga, para suami yang nganterin teh ikutan masuk, ya tetep ga bisa buka kerudung. Ya dimaklum, males pake kerudung si sayah mah klo lagi olahraga hehehhee..

Abis senam hamil, ada lah sedikit belajar posisi melahirkan. Udah itu doang, klo mau tau tentang ASI, mandiin bayi, perawatan setelah melahirkan ada waktunya lagi dan bayar lagi. Tapi yang enaknya, sebelum senam dicek dulu detak jantung bayinya. Jadi lebih tenang mungkin ya. Oia, klo hari Sabtu pagi, metode senam hamilnya belly dance, klo yang siang itu gabungan antara yoga dan pilates. Yang belly dance lebih cape. *ngos-ngosan*

Senam hamil berikutnya, nyobain di RSIA Limijati. Awalnya males-malesan senam hamil disini karena jadwalnya siang (merusak rencana klo mau jalan-jalan kemana gitu :P) dan parkirnya susah beud klo siang. Terus lagi bayarnya lebih mahal: 40rb cuma dapet snack doang. Tapiii...tempatnya nyaman. Emang dikhususkan untuk senam hamil. Ada WC dan tempat ganti baju, serta loker untuk nyimpen sepatu/sendal dan tas. Dan tertutup pula, para suami yang nunggu silahkan di luar ruangan. Hoho, jadi bisa buka kerudung kan gw :D

Tapi ya, walaupun mahal, udah termasuk edukasi soal melahirkan, perawatan pasca melahirkan. pemberian ASI, dll. Jadwalnya berbeda-beda setiap minggunya. Untuk metode senam hamil, ada dua jenis juga, yoga dan pilates. Klo yoga diperuntukannya bisa dari usia kehamilan 3 bulan, sedangkan pilates khusus untuk usia kehamilan 7 bulan ke atas.

Suasana ruang senam hamil di RSIA Limijati
Tadinya berencana mau keliling rumah sakit untuk senam hamil, tapi begitu senam di Limijati rasanya ga mau kemana-kemana lagi, abis ruangannya nyaman sih, heheheh..


2 comments:

Say what you need to say..