Thursday, July 09, 2009

Ready or Not, Here I Come

Insomnia gw kambuh. Gw tiba-tiba menyadari lagi sesuatu. Kenapa pake kata 'lagi' karena bulan kemaren gw juga berpikiran sama. Ok, gw ulangi, gw tiba-tiba menyadari (lagi!) ada banyak temen gw yang menikah akhir-akhir ini. Sepertinya semua orang sedang berlomba-lomba menikah pada tahun 2009. Kenapa ya? Gw mencoba beranalisa (dengan modal sok tau - tentunya). Tahun 2009 ini adalah tahun dimana sebagian temen-temen gw sudah, akan, atau hampir melewati umur 25 dimana umur tersebut adalah umur yang pas - buat cewe maupun cowo - untuk menikah. Buat cewe, usia menikah yang katanya sih normal adalah 22 - 25 tahun, sedangkan buat cowo adalah 25 - 29 tahun. So, once again, umur 25 yang paling pas buat temen-temen seangkatan gw untuk menikah.

Analisa berikutnya - masih nyambung ke soal umur - adalah karena tekanan dari keluarga besar. Yang udah gw bilang tadi, umur 25 usia rawan buat cewe kalo udah lebih itu agak-agak ga normal - menurut pemikiran orang-orang tua. Jadi, sudah pasti jadi pusat perhatian kalo di sebuah keluarga besar ada seorang cewe berusia 25 tahun yang belum menikah. Kalo si cewe itu udah punya pacar, pasti ditanyain terus kapan nikah disertai pertanyaan kapan sang pacar akan melamar oleh seluruh keluarga besar, ntah itu tante, om, nenek, kakek, bahkan saudara sepupu. Tidak menutup kemungkinan kalo tiap si pacar maen ke rumah, sang ibu sudah siap dengan pertanyaan, "Kapan mau melamar?" atau paling tidak, dengan tatapan mautnya, hehehehe. Nah, gimana klo si cewe itu ga punya cowo? Hooo..sudah pasti tante-tante dan om-om skalian menawarkan cowo-cowo yang berpotensi sebagai suami. Hadoh, pusiiiiing!!!

Memangnya menikah itu karena umur? Memangnya menikah itu karena tekanan keluarga? Gw jadi penasaran. Berdasarkan hasil wawancara-wawancaraan gw ke teman-teman gw yang sudah dan akan menikah, jawaban mereka:
  1. Cewe, menikah umur 22 tahun, "abisnya si aa udah ngancem, pokoknya sebelum aa umur 30 tahun harus udah nikah."
  2. Cewe, menikah umur 21 tahun, "si mas udah ngajak nikah mulu sih."
  3. Cewe, akan menikah di usia 25 tahun, "si mamah tuh, tiba-tiba nanyain ke dia kapan melamar, ya udah, ngelamar deh."
  4. Cewe, menikah di usia 18 tahun - MBA (singkat jelas padat).
  5. Cewe, menikah di usia 22 tahun, "kita pacarannya udah lama sih."
  6. Cewe, menikah di usia 26 tahun, "gatau, ngerasa yakin aja."
  7. Cewe, menikah di usia 27 tahun, "dikenalin mamah, trus ngerasa klop aja. berhubung dia udah kerja dan anaknya temen mamah juga, jadi prosesnya cepet."
  8. Cowo, akan menikah di usia hampir 28 tahun, "gw udah punya kerjaan, mobil, rumah, cuma kurang istri."
  9. Cowo, menikah di usia 25 tahun, "gw sayang banget sama dia karena cuma dia yang ngertiin gw."
...ah, alasannya agak mirip-mirip semua (kecuali nomer 4). Masih alasan yang cukup normal. Untung aja, gw ga denger temen gw ngomong:
  1. "dia ganteng dan kaya sih, mayan lah!"
  2. "yang ngelamar cuma dia, terus gimana?"
  3. "dia bilang klo gw ga nikah sama dia, dia mau bunuh diri."
...dan beragam alasan aneh laennya, hehe.

Rekapitulasi (berasa bikin tesis) alasan orang menikah - tidak termasuk yang aneh, abnormal, ato agak misleuk - adalah karena usia, keluarga, keyakinan, dan atas nama rasa sayang - atau cinta.

Tapi, ga semua temen gw koq menikah taun ini. Ada juga yang sampai sekarang masih adem ayem pacarannya, bahkan masih suka gonta ganti cewe. Alasannya? Banyak! Kerjanya belom tetap, masi pengen nyari yang laen, tabungan belum banyak, belum punya rumah, belum punya mobil, dan lain-lain deh! Salah seorang temen gw pernah komentar soal alasan-alasan yang menghambat pernikahan. Dia bilang, dia juga dulu mengalami hal yang sama, ada aja alasan/hambatan untuk dia - dan cowonya - untuk tidak dulu menikah, tapi tiba-tiba aja, suatu saat mereka menemukan cara untuk menghilangkan semua alasan/hambatan itu tadi. Hebat! Jadi menurut temen gw itu, berbagai alasan yang dikemukakan cuma ada satu kesimpulan: mereka belum siap.

Eh, kalo orang yang belum juga menikah karena ketidaksiapan, boleh ga gw simpulin yang sudah menikah adalah karena mereka merasa siap untuk menikah? Iya, umur segitu tuh harusnya siap untuk menikah. Iya, keluarga meyakinkan kalo kita udah siap menikah sama si pacar. Iya, kita sayang/cinta sama si pacar dan rasa sayang/cinta itu gakan abis dimakan waktu, berarti kita udah siap. Boleh lah ya! :P Jadi, mereka smua menikah karena memang sudah siap.

But somehow gw percaya kalo tidak ada satu pun manusia yang siap untuk menikah. Gw juga percaya, manusia itu harus dipaksa dulu baru mau, baru bisa. Dan mulailah gw beranalisa lain lagi - masih dengan modal sok tau - bagaimana kalau dibalik semua alasan itu adalah karena memang sudah waktunya aja mereka untuk menikah. Bagi mereka yang belum menikah, ya karena memang bukan waktunya. Orang menikah karena sudah waktunya untuk menikah, bukan karena siap atau tidak siap. Menikah menunggu siap? Memangnya kapan siap akan datang? Lu tau? Gw sih ga tau, dan mungkin ga akan pernah tau kapan siap datang. Makanya, manusia itu harus dipaksa, minimal dipaksa nyiptain kesiapan.

Analoginya gini, klo kita maen petak umpet kita kan biasanya tutup mata dan ngitung tuh dari satu sampai seratus - misalnya. Kalau udah sampe seratus, biasanya orang yang bertugas mencari temen-temennya yang ngumpet bakal bilang "udah ya!", buka mata, dan segera mencari. Kalo bahasa bulenya sih, "ready or not, here I come". Siap ga siap, klo udh seratus hitungan ya harus siap buat ngumpet. Nah, kalo menurut gw sih ya gitu juga soal menikah. Siap ga siap, saat Allah nunjukin jalan buat kita untuk menikah ya kita harus siap. Ya ga?

How about me? Yaah, kalau mau diliat-liat, banyak deh alasan/hambatan untuk menuju ke arah nikah. Gw bukannya ga siap, gw hanya sedang mempersiapkan diri. Gw lagi nunggu Allah bilang, ready or not, here it comes! ;)


*ini adalah akhir dari catatan analisa sotoy seorang insomniac*



And I"m ready to make someone mine. Making my way through an open door. I've got some love and so much more. And I'll find her, 'cos it's about time. It's about time [It's About Time - Jamie Cullum]

3 comments:

  1. hahaha! siap gak siap ya...
    balik ke catatanku, kurasa siap gak siap itu cuman soal komitmen, siapn nggak?
    kalo dak komitmen OK, semuanya lancara, mau kawin kek, eh nikah, mau bikin anak duluan lah... monggo, asal komittmen tetep dijaga!!!

    *acara moral dan norma tergantung probadi masing masing.

    ReplyDelete
  2. klo menurut aku sih, klo kita tulus sayang sama seseorang komitmen itu akan ada dengan sendirinya koq! ;)

    ReplyDelete
  3. orang tuh tlalu banyak ketakutan siy...
    musti modal nekat berkomitmen, baru deh ntar ngerasa bahagianya ternyata berkomitmen...,malah bisa mikir,"kenapa engga dari dulu"..(kalo ternyata bahagia, kalo malah jadi ga bahagia?!?!?!heheheheu)

    ReplyDelete

Say what you need to say..