Wednesday, September 16, 2009

Menikah Itu Indah Pada Waktunya

Waktu senen malem, ga terlalu kaget denger Zaskia sama Hanung nikah, walau liat berkali-kali di infotainment mereka selalu ngeles. Yang kaget denger mereka nikah malem itu. Hari senin. Bulan puasa pula.

Menikah. Gw sempet berpikir mau nikah muda. Kenapa? Kan ibadah, jadi menuruh gw harus segera mungkin. Lagian enak, nanti pacaran sambil nikah aja, ga perlu malu pegangan tangan dan peluk-pelukan di depan umum. Udah gitu, jarak sama anaknya pasti ga terlalu jauh. Masih bisa jadi temen lah.

Beberapa tahun kemudian, saat menikah itu ternyata menjadi sebuah jalan yang sulit ditempuh, pikiran gw pun berubah. Gw berpikir, kenapa sih harus nikah kalau memang seribet ini. Ga bisa ya, tinggal aja satu rumah dulu, coba dulu, enak ga tinggal sama si pasangan. Ato tinggal dateng aja ke KUA, nikahin di situ, beres deh! Kaya di luar negeri, tinggal dateng ke catetan sipil, pake baju biasa pun jadi. Ga perlu kebaya, ga perlu keluarin duit buat segala macem yang gw pikir itu hanya menghambur-hamburkan uang. Daripada buat perayaan gede-gedean, kenapa sih ga dipake buat beli rumah ato mobil ato jadiin tabungan aja buat masa depan.

Lalu tiba-tiba, entah darimana gw lupa, gw mendengar hal ini. Ternyata hukum menikah itu bukan wajib ato sunnah aja, tapi bisa wajib, sunnah, makruh, bahkan haram. Nikah itu wajib kalau sama-sama udah saling suka, mampu untuk menikah, dan klo ga nikah bisa terjadi perzinaan. Sunnah kalau sama-sama saling suka, mampu untuk menikah, tapi kalau pun tidak segera menikah, tidak akan terjadi perzinaan. Apalagi ya? Oh iya, makruh. Menikah itu makruh kalau dua-duanya tidak terlalu saling suka. Dan haram, kalau misalnya dipaksa trus disiksa. Kalau ga salah seperti itu. CMIIW ;)

Dari situ gw berpikir, mungkin itu ya sebabnya kenapa Zaskia dan Hanung menikah tiba-tiba. Menghindari zina. Kalau memang itu, gw salut! Karena, apapun alasannya, menurut keluarga gw, menikah itu butuh waktu. Menikah itu tergantung gedung. Ga bisa akad nikah dulu sekarang, resepsi nanti-nanti lagi. Kenapa ga bisa? Ya ga biasa aja di keluarga gw. Ga biasa? Terdengar hanya-alasan. Ntahlah, pikiran orang memang berbeda-beda, tapi klo gw menganut harus disegerakan karena kesempatan yang sama ga akan datang dua kali. Lalu ada lagi pikiran kalau menikah itu butuh duit, jadi kalau mau menikah minimal udah kerja, baru boleh nikah. Kalau ga, mau makan sama apa? Sama cinta? Uhm, bener juga sih, tapi gw percaya kalau menikah itu ada rejekinya sendiri. Selama berniat baik, insya Allah pasti ada aja rejeki dari Allah.

Tapi smua itu balik lagi ke keputusan Allah, jalan yang Allah kasih buat kita. Memang menikah itu harus disegerakan, tapi kalau belum waktunya untuk menikah ya kita mau apa? Mungkin kalau kita maksa menikah sekarang, ada hal-hal buruk yang bakal terjadi. Beda dengan kalau kita sabar menunggu waktunya, mungkin Allah bakal ngasih kebahagiaan yang ga pernah kita kira. Lagipula, kalo gw ga salah inget, tujuan pernikahan adalah untuk hidup yang penuh kebahagiaan, kasih sayang, dan kedamaian. Jadi, bagaimana pun jalan menuju pernikahan, akhirnya harus baik. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian lah yaaa.. ;)

Maka dari itu buat teman-temanku yang sedang berada di masa kenapa-smua-orang-nikah-kecuali-gw-dan-punya-pacar-pun-tidak, sabar aja ya! Allah mungkin sedang mempersiapkan skenario terbaik buat hidup kita. Kalau saatnya sudah tiba, insya Allah kita bakal dikasih tau langsung sama Allah, dan please, jangan ditunda-tunda. Kalaupun ada pihak-pihak yang keberatan, beri pengertian aja. Insya Allah, klo kita berniat baik Allah pasti akan membantu kita menyelesaikan masalah seberat apapun. So, jangan menyerah, tetap semangat! Percaya deh, smua itu bakal indah pada waktunya :)




Jika memang ini saatnya, mimpiku akan menjadi nyata. Kupercaya kuatnya cinta, semua akan menjadi indah pada waktunya. [Indah Pada Waktunya - Delon feat. Irine]

3 comments:

  1. Ya, sebenarnya yg "nyusahin" dr pernikahan itu adl. Menikahkan dua keluarga, paling sedikit. Belum kalau ad keluarga dkt yg "turut mengundang" sgala. Makin banyak tuh keluarga yg harus dinikahkan..

    Menikahkan, ya, bukan sekedar menyomblangkan. Menikahkan keluarga berarti mencari jalan yang paling tengah diantara sekian banyak kebiasaan, keinginan, cara berpikir, adat, budaya..
    Mungkin kalau cuma baca ga terlalu terasa repotnya, tp pelaksanaannya.. BEUH!

    Ky yg td dbilang tentang keribetan2 nikah, dr kostum, make up, gedung, dokumentasi, ketring, bla-bla-bla... Itu kan cuma kebiasaan dan atau keinginan kan?
    Coba liat lagi rukun +syarat nikah.. Kalo hukum nikah udah tau, pasti rukun +syarat nikah tau lah ya..
    Apa yg ribet kesekian rukun +syarat?
    Wali? Ga ribet. Bnyk kemudahan yg diatur dlm pemilihan wali.
    Saksi? Ap susahnya cari saksi?
    Mas kawin? Jgn lupa, bahkan hapalan ayat al-qur'an, asal sm2 setuju, bs djadikan mas kawin.
    Ijab kabul? Tinggal ngomong. Salah ngomong? Tinggal ulang.
    Calon mempelai ngga usah dibahas lah ya...

    Kalau syarat dan rukun nikah udah terpenuhi? Ya udah. Sah. Halal.
    Dan jangan lupa, resepsi ga termasuk rukun +syarat nikah! Itu "cuma" untk menghindari fitnah!

    Sbenernya sy ngebahas apa si? Gatau..
    Heu.

    ReplyDelete
  2. Setuju klo resepsi itu gada di rukun nikah. Tapi coba deh ngomong sama ortu dan kluarga besar lo, mereka bakal nerima ide 'akad nikah' aja ato ga. Karena kluarga besar gw, dr pihak bapak dan ibu, menolak ide itu dengan alasan menikah itu harus disebarkan agar tidak mengundang fitnah. Ga cuma skali dua kali gw ngomong, tapi udh berkali2 sampe gw bosen dngr nyokap ngomong alesan yang sama itu, hehe. Lagian yang biayain masih ortu jd mau ga mau harus nurut.

    ReplyDelete
  3. Maka dr itu sy bilg, yg "nyusahin" dr pernikahan itu adl menikahkan dua keluarga atw lbh..
    Kalo cm menikahkan 2orang, gakan segtnya kan? :D

    ReplyDelete

Say what you need to say..